Minggu, 21 April 2013

Mengenal Diri


Dalam proses perubahan prilaku yang  pertama kali kita lakukan adalah bagaimana kita dapat mengenal diri pribadi. Karena dengan mengenal diri pribadi, kita dapat megetahui segala hal dan segala kebutuhan yang ada pada diri pribadi kita. Dari hasil pengetahuan mengenai hal dan kebutuhan yang didapat pada diri pribadi inilah kita dapat menentukan langkah-langkah yang terbaik bagi diri pribadi kita.
Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam mengenal diri dan pribadi kita,yaitu :
1.     Belajar dari pengalaman diri dan orang lain
2.     Bercermin diri dari kehidupan orang lain
3.     Mengenal diri sebagaimana orang lain mengenal
4.     Bercermin diri secara jujur dan mendalam
         
Metode yang dipergunakan antara manusia satu dan manusia lain memang selalu berbeda, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana manusia itu bisa menerima hasil dari yang dilakukan. Penerimaan terhadap suatu hasil yang didapat memang tidaklah mudah,  karena manusia memiliki ego yang selalu ingin melihat dan menerima kenyataan yang hanya diinginkan. Sehingga diperlukan suatu proses pembelajaran dalam penerimaan setiap hasil yang didapat, walaupun hasilnya berbeda dengan yang diinginkan. Proses pembelajaran yang dimaksud adalah proses pembukaan diri terhadap setiap realitas kehidupan yang telah dan sedang dialami.
Memang proses pembelajaran butuh waktu yang relatif lama, karena membutuhkan proses pendewasaan manusia dalam berpikir. Pendewasaan dalam berpikir diperoleh dari pengalaman hidup dan arahan dari pendidik yang dapat memberikan kesimpulan dalam mengetahui filosofi hidup. Karena filosofi dalam kehidupan setiap manusia akan mempengaruhi prilaku yang ada dalam diri manusia.
Filosofi dalam hidup juga dapat dijadikan sebagai pegangan dalam hidup manusia, karena filosofi tersebut dapat menjadi sebuah keyakinan utuh yang dianggap sebagai kebenaran dalam hidup. Keyakinan yang dianggap benar itulah yang paling berpengaruh dalam diri manusia dalam menentukan sikap atau keputusan dalam berprilaku di setiap kehidupannya.
Keyakinan yang kuat dalam diri manusia dibutuhkan untuk membentuk karakter yang dapat diterjemahkan dalam sikap yang ditunjukkan dalam menjalani hidup. Karena karakter yang terbentuk dalam diri manusia akan menjadikan manusia itu memiliki jati diri dan kehormatan diri. Jati diri inilah yang menjadi salah satu faktor yang dapat membawa manusia memiliki visi dan rasa optimistis dalam menjalani kehidupan sampai akhir hayatnya.
Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab agar tahu bagaimakah diri pribadi kita. Pertanyaan tersebut adalah
a. Siapakah saya?
b. Dimanakah saat ini saya berada?
c. Mengapa saya berada disini saat ini?
d. Apa yang saya cari saat ini?
e. Apa tujuan utama saya?
f. Bagaimanakah cara saya untuk mencapai tujuan saya itu?

0 komentar:

Posting Komentar